Sabtu, 07 April 2012

budidaya ayam ketawa


Budidaya Ayam Ketawa
Budidaya Ayam Ketawa ini juga sederhana dan tidak terlalu ribet, cukup disediakan tempat atau kandang dari bambu atau kayu dengan ram kawat atau sejenisnya, masing-masing kandang berukuran lebar 150 cm x panjang 170 cm dan tinggi 100 cm. tapi sebagian peternak di Sidrap Sulawesi Selatan ada yang menggunakan ukuran lebar 80 cm x panjang 100 cm dan tinggi 85 cm, karna mungkin saja tempat yang terbatas dan Ayam Ketawa yang dipelihara terlalu banyak jadi untuk ukuran tersebut sudah cukup memadai, dan jangan lupa kandang harus disediakan tempat untuk bertelur.

Proses perkawinan Ayam Ketawa ini ada dua model , pertama : Pejantan dan betina dijadikan satu otomatis proses perkawinan akan terjadi dengan sendirinya, kita gak usah kuwatir dengan yang jantannya, Ayam Ketawa jantan tidak akan mengusik jika sang betina sedang bertelur kadang bisa diartikan sang jantan bisa ikut membantu mengamankan telur – telur tersebut, model yang kedua : kita memisahkan Ayam Ketawa pejantan dengan Ayam Ketawa betina, lebih baik proses perkawinan untuk model yang satu ini dimulai pagi hari dengan memasukkan Ayam Ketawa betina ke kurungan di luar kandang yang sudah ada pejantanya Ayam Ketawa.

Setelah dipastikan kawin, indukan Ayam Ketawa betina tadi dimasukan ke kandang ternak atau kandang bertelur tentu saja kandang ini harus disediakan sarang untuk bertelur, indukan betina Ayam Ketawa ini mampu bertelur 12 butir., untuk memenuhi kebutuhan pakan, cukup diberi voer ditambah sawi dirajang halus sebagi protein.

Umur Ayam Ketawa di atas 7 bulan sudah bisa dipasangkan meski idealnya berumur 1 tahun atau lebih. Kondisi Ayam Ketawa harus sehat, warna bulu bagus dan jengger tegak berdiri.
Untuk indukan Ayam Ketawa yang sudah menetaskan anak-anakannya segera mungkin diistirahatkan setelah sebelumnya dimandikan dengan obat antiseptic, setelah itu kita bersihkan kotak sarang sebelum digunakan kembali untuk tempat bertelur indukan.

Sementaran itu anakan Ayam Ketawa dipindahkan ke kandang penghangat yang diberi lampu ini bisa memakai kardus mie instan atau book kayu, Perawatan anakan setelah mencapai umur 1 bulan juga harus hati-hati, misalnya perlu dijemur tetapi hanya sepintas, cukup 10-20 menit,. Cukup sederhana kan? Sekarang selamat mencoba aja, dan semoga sukses

Mengenal Ayam Ketawa

Mari kita Mengenal Ayam Ketawa,. Anakan Ayam Ketawa yang berumur 1 hingga 2 bulan mungkin akan sama dengan anakan ayam kampung pada umumnya, baik dari gerak – gerik , ukuran bahkan warnanyapun sama jadi mungkin pada masa ini orang awam gak bisa Mengenal Ayam Ketawa secara jelas, kalo masih umur 1 sampai 2 bulan Ayam Ketawa masih belum mengeluarkan ciri khasnya sebagai Ayam Ketawa, karna suaranya masih sama dengan ayam – ayam pada umumnya. namun setelah dewasa Ayam Ketawa akan terlihat berbeda dengan ayam – ayam pada umumnya kara suara kokoknya yang khas yang mirip suara burung perkutut atau bahkan bisa dikatakan mirip suara ketawa manusia.

Cerita Awal Ditemukannya Ayam “Gagak”

Konon, ayam gagak merupakan salah satu binatang kesayangan para raja-raja terdahulu yang pernah berkuasa didaerah ini.

Kenapa ayam yang menjadi pilihan binatang kesayangan para raja?

Karena ayam gagak merupakan binatang yang dinilai mampu memberikan beberapa isyarat tertentu, disamping mempunyai ciri khas bunyi yang unik, juga sebagai binatang yang mampu mengingatkan waktu tertentu atau gejala-gejala lainnya jika terjadi sesuatu, seperti kebakaran dan lain sebagainya.

Apakah ayam gagak sekarang ini masih dipercaya sebagai isyarat waktu?

Di zaman modern seperti sekarang ini, ayam tidak lagi mempunyai peran seperti itu, namun masih ada sebagain masyarakat kita yang percaya dengan hal itu, khususnya orang-orang tua kita yang pernah merasakan dan membuktikan sendiri isyarat yang diperlihatkan ayam.

Bagaimana populasi ayam gagak di Sidrap sekarang ini ?

Populasi ayam gagak sekarang ini sudah banyak, karena sebagian masyarakat kita menjadikannya sebagai mata pencaharian sampingan yang dinilai mampu memberikan sumber pendapatan yang menjanjikan, sambil menjalankan aktivitas utamanya sebagai masyarakat petani.

Apakah ayam gagak sekarang ini sudah dikenal secara nasional?

Iya, ayam gagak sekarang ini tidak hanya dikenal di daerah ini, bahkan sudah dikenal secara nasional lewat pemberitaan media elektronik, namun ayam gagak ini hanya dikenal secara luas di masyarakat, khususnya di Pulau Jawa sebagai ayam ketawa saja.

Kenapa harus digelari ayam gagak dan kenapa bukan ayam ketawa ?

Bagi masyarakat pencinta ayam gagak di luar Sulsel, sebagian besar belum bisa membedakan kriteria bunyi yang dimiliki ayam gagak ini, yang penting bunyi dan suaranya enak didengar, padahal di Sidrap ini, sejak dulu masyarakat pencinta ayam gagak sudah mampu membedakan dua kriteria bunyi tersebut yaitu, kategori dangdut dan kategori slow.

Kenapa harus diberikan kategori bunyi dangdut dan slow ?

Karena kedua bunyi ayam gagak tersebut menyerupai suara atau irama dangdut dan slow. Kalau bunyi dangdut, suara ketukannya lebih sering, sedangkan untuk bunyi slow, suaranya agak lamban dan panjang.

Mana diantara dua kategori ini yang paling diminati ?

Pada dasarnya, kedua kategori ayam tersebut masing-masing enak didengar dan komunitas pencintanya juga hampir sama, namun sejak beberapa tahun terakhir ini, kategori ayam gagak berirama slow peminatnya semakin besar dan harganyapun juga sedikit mahal.

Bagaimana respon Pemkab Sidrap?

Sejauh ini, Pemkab Sidrap telah memberikan bantuan begitu besar dalam rangka melestarikan budaya ayam gagak ini, dan dalam waktu dekat ini, pihak PAGI bersama Pemkab Sidrap akan mempatenkan ayam gagak ini sebagai suatu budaya yang lahir di daerah ini.


Sejarah Ayam Ketawa
Sejarah Ayam Ketawa ini berasal dari sidrap Sulawesi Selatan, Ayam ini perawakan, warna bulu serta karakternya hampir menyerupai ayam - ayam pada umumnya, Ayam ketawa ini dahulunya dipelihara oleh bangsawan Kraton Bugis, Ayam Ketawa ini menjadi klanggenan bangsawan – bangsawan tersebut, dan pada saat ini Ayam Ketawa ini termasuk salah satu jenis unggas yang dilindungi jadi untuk mendapatkanya juga lumayan susah.

Pakan Asli Ayam Ketawa
Pada saat ini memang Pakan Asli Ayam Ketawa tidak sama dengan Pakan Asli Ayam Ketawa yang digunakan suku bugis, dibugis sendiri banyak menggunakan pakan gabah kering, namun dikota – kota besar saat ini mencari gabah sangat susah, .
Mungkin pembaca bertanya – tanya mengapa didaerah aslinya Ayam Ketawa diberi makan gabah, karna pakan gabah berfungsi untuk menghilangkan rasa gatal pada Ayam Ketawa itu sendiri.

Gabah juga berfungsi membersihkan lendir pada tenggorokan Ayam Ketawa, sehingga pemberian pakan gabah sama dengan mengkorok tenggorokan Ayam Ketawa dan bisa menghasilkan suara Ayam Ketawa makin khas jadi makin panjang dan tinggi.
Pemberian pakan gabah itu sendiri ada caranya, yaitu : gabah sebelum diberikan untuk pakan Ayam Ketawa direndam air dulu satu malam, pada saat direndam biasanya gabah – gabah yang kosong akan mengambang dan gabah yang kosong tadi dibuang, besoknya setelah air ditiriskan gabah yang direndam semalam diberikan pada Ayam Ketawa tersebut.
Sedangkan untuk anakan Ayam Ketawa biasanya menggunakan jagung halus dan dicampur dengan jagung halus, atau bisa saja pakai fur yang beli di tempat yang menyediakan pakan Ayam.

Ayam Ketawa

Ayam Ketawa adalah salah satu unggas yang ada di Indonesia dan hampir punah dengan kata lain tinggal legenda saja. “Ayam Ketawa” dalam bahasa Bugis disebut Manu “Gaga”. Karena terbatasnya masyarakat yang memelihara Ayam Ketawa, menyebabkan terbatasnya penyebaran Ayam Ketawa di tengah-tengah masyarakat dan tidak sepopuler seperti ayam kampung lainnya.


Ayam Ketawa bisa kita jumpai di Kabupaten Sidrap dan sekitarnya arah (Provinsi Sulawesi Selatan), merupakan habitat aslinya. Di daerah habitat aslinya (Sidrap), terutama di Kecamatan Baranti dan sekitarnya, Ayam Ketawa atau Manu “Gaga” telah dipelihara oleh masyarakat secara turun temurun dari generasi ke generasi. Dahulunya Ayam Ketawa hanya dipelihara dan berkembang biak di lingkungan Kraton Bugis terutama kalangan Bangsawan Bugis yang merupakan symbol status sosial.



Seiring dengan perkembangan zaman dan sejalan dengan kebijaksanaan yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Sidrap, lama kelamaan Ayam Ketawa tersebar dan mulai banyak dipelihara oleh semua lapisan masyarakat di Sidrap dan sekitarnya bahkan lambat tapi pasti telah menyebar ke seluruh Wilayah Indonesia walaupun dalam jumlah yang terbatas. Pembudidayaan Ayam Ketawa kini telah pula merambah ke Jawa Tengah, seperti di kota Semarang, Kudus, Madiun, Blitar dan lainnya



Suara Ayam Ketawa memang memiliki keunikan tersendiri saat berkokok, dimana saat berkokok Ayam Ketawa mengeluarkan suara seperti orang ketawa dan seterusnya dengan interval suara cepat disebut “Garetek” dan dengan interval suara lambat disebut “Gaga” serta suara mendayu-dayu disebut “Dodo”. Selain memiliki suara yang unik, Ayam Ketawa juga mempunyai warna bulu yang menarik dan di dukung oleh bentuk tubuh yang enak di pandang mata.

Tips Merawat Ayam Ketawa
lingkungan dan kandang ayam harus rajin di semprot densifektan
berilah pakan selingan yg sehat yaitu jahe iris kecil dan kunyit yg sudah di keringkan dan di campur kedalam pakan ayam ketawa tsb dan pisang atau tomat ,kecambah,jangkrik muda dan cacing tanah
di saat terkena virus pilek,ngorok,berak kapur,hijau,dan lemas berikanlah asupan tetrachlor atau obat dan suntikan khusus untuk penyakit tsb,kalau sy biasanya saya berikan cukup tetra chlor 2x sehari pagi-sore dan di makanannya di campur jahe +kunyit ,kemudian ayam yg sakit di pisahkan dari ayam yg sehat..biasanya 3-4hari sudah sembuh asalkan rutin telaten meberikan obat tsb,,selebihnya wajib memberikan suntikan anti virus "grubuk"3bulan sekali
pakan ayam ketawa tidak jauh beda dengan pakan ayam bekisar maupun ayam biasa .
ayam ketawa butuh refresing...jangan terus dikurung nanti bisa stress juga,,ayam ketawa perlu di biarkan sejenak berjemur di pagi hari di tanah dan rerumputan
jangan lupa kasih sayang dan perhatian anda terhadap ayam ketawa agar ayam ketawaanda lebih dekat dengan tuannya

Kontes Ayam Ketawa



Didaerah asalnya Sidrap Sulawesi Selatan sekali Kontes Ayam Ketawa ada 700 s/d 800 ekor Ayam Ketawa dan cara penjurianya hampir sama dengan kontes burung perkutut namun Kontes Ayam Ketawa ini tidak membawa sangkar atau istilah jawanya kurungan, Cuma batang bambu atau kayu yang dipasang sebagai tempat berdiri Ayam Ketawa tersebut, Ayam Ketawa yang telah menang kontes harganya bisa mencapai 40 / 50 jutaan,. Bukan main kan?

Tipe Suara Ayam Ketawa
Awalnya manu gaga (ayam ketawa) hanya dikenal dgn tiga klasifikasi sesuai dengan ciri khas masing masing yakni

1.       GAGA mempunyai interval nada yang senggang dgn vokal kha..khakhakha.. dan umumnya suaranya pendek atau sedang (sangat jarang yg bersuara panjang)


2. GARETE interval nadanya rapat dengan vokal Rrrrrrr dan umumnya suaranya agak panjang

3. DODO dengan suara mendayu dan panjang dengan vokal dododo.

Berkat kreatifitas peternak maka dihasilkan beberapa ayam yg bersuara unik seperti mirip suara kuntilanak dan atau gaga dengan alunan suara panjang. Belakangan muncul pembagian suara menjadi

- SLOW untuk yg ketukan (interval nadanya) senggang.

- DANGDUT untuk ketukan (interval nadanya) rapat (cepat).
- GARETE untuk ketukan (interval nadanya) lebih rapat dibandingkan SLOW dan DANGDUT.

Dari pembagian tsb dibagi lagi yang bersuara kristal (bening) dan bukan kristal. Kemudian beberapa orang membagi lagi yakni ayam yg mempunyai keserasian suara depan (angkatan) suara tengah dan suara ujung (suara ujung naik atau turun). Mungkin mengadopsi penilaian suara perkutut.

Ayam yang berkualitas adalah jika mempunyai intonasi yang sangat apik dari nada depan tengah dan ujung, jadi iramanya harus satu kesatuan yang elok didengar. Kegacoran,power dan kebeningan suara (kristal) menjadi nilai plus. Untuk menjadi juara selain hal tsb perlu pula mental ayam yang baik karena cukup banyak ayam yg memiliki kualitas suara yg bagus namun saat tampil di lomba malah melempem (suara kurang maksimal) karena kalah mental.,

Warna Ayam Ketawa Antara Kepercayaan dan Keindahan
Sebagian tokoh masyarakat bugis percaya bahwa warna yang terdapat pada Ayam Ketawa memiliki arti atau makna, sehingga sebagian pecinta Ayam Ketawa percaya atau memiliki kepercayaan tertentu pada Ayam Ketawa.

Bakka : Warna dasar putih mengkilap dengan dihiasi warna dasar hitam, orange, merah dan kaki hitam atau putih, Ayam Ketawa ini mempunyai arti mengembangkan harta dari pemiliknya.
Ceppaga Bolong : Wwarna dasar hitam dengan dihiasi warna dasar hitan dan putih ditambah bintik putih dari badan sampai pangkal leher dengan kaki hitam, Ayam Ketawa ini mempunyai arti bahwa Ayam Ketawa ini adalah adnya harta
Koro : Artinya menunjukkan suatu tempat dan seolah – olah menunjukkan disana ada harta
Lappung : Artinya menampung harta, dalam kepercayaan suku bugis dapat menampung harta.
Ijo Buota : Artinya dapat membuat harta lebih lama atau abadi.

Sehingga akhir – akhir ini banyak orang yang mulai mengembangbiakan Ayam Ketawa Selain Ayam Ketawa tergolong langka suara ketawanya juga terdengar merdu dan lucu, dan juga setiap warna mempunyai arti yang positif. (Sumber AGROBIS edisi 655)

Asal Usul Ayam Ketawa
Penuturan salah seorang tokoh masyarakat Sidrap mengatakan bahwa dahulunya Ayam ketawa hanya dipelihara dan berkembang di lingkungan kerajaan/kraton Bugis terutama di kalangan Bangsawan Bugis yang merupakan symbol status sosial. Selain itu dijelaskan pula bahwa masyarakat Bugis memiliki budaya yang selalu menyebutkan Keberanian, Kesuksesan dan Keberhasilan seseorang dengan menyebutkan istilah ‘JANTAN’.

Dipastikan hampir semua lapisan masyarakat Indonesia mengetahui bahwa seorang Pahlawan Nasional asal Sulawesi Selatan yang bernama Sultan Hasannudin terkenal dengan sebutan “Ayam Jantan Dari Timur”.Gelar tersebut disematkan karena keberanian dan perjuangannya yang luar biasa tanpa kenal kata menyerah untuk mengusir penjajah Belanda dari bumi Sulawesi Selatan walaupun harus dengan jalan Perang. Karena terbatasnya masyarakat yang memelihara dan mempunyai Ayam Ketawa (Manu’ Gaga’) menyebabkan terbatasnya penyebaran Ayam Ketawa di tengah-tengah masyarakat dan tidak sepopuler seperti ayam kampung lainnya.

Pada waktu dan tempat yang berbeda salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah asal Kabupaten Sidrap menjelaskan secara lebih detail lagi bahwa daerah awal penyebaran Ayam Ketawa berada di sekitar Kecamatan Panca Rijang, Kec Baranti dan sekitarnya , diantaranya kampung Simpo, Arasi’e, Rapang, Benteng, Paseno dan Tonronge. Kampung-kampung tersebut dahulunya merupakan kampung-kampung tua yang masuk dalam wilayah bekas pusat Kerajaan Bugis
yang disebut daerah Rappang.


Di mulai pada tahun 2005 guna mendorong pelestarian dan penyebaran Ayam Ketawa (Manu’ Gaga’) Pemerintah Kabupaten Sidrap yang di pimpin oleh Bupatinya saat itu yang memberikan perhatian terhadap satwa langkah tersebut dengan tujuan agar tetap lestari dan tidak musnah selanjutnya mengeluarkan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang dapat memotivasi masyarakat untuk memelihara Ayam Ketawa, diantaranya dengan mengadakan Perlombaan2, Penyuluhan tentang cara Pemeliharaan, Perawatan serta Penyediaan Vaksinasi secara Gratis dll. Seiring dengan perkembangan zaman dan sejalan dengan kebijaksanaan yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Sidrap lama kelamaan Ayam Ketawa tersebar dan mulai banyak dipelihara oleh semua lapisan masyarakat di Sidrap dan sekitarnya bahkan pelan tapi pasti telah menyebar ke seluruh Wilayah NKRI walaupun dalam jumlah yang terbatas. Hal ini karena Ayam Ketawa memiliki keunikan.

pada suaranya saat berkokok dimana saat berkokok Ayam Ketawa mengeluarkan suara seperti orang ketawa dengan interval suara cepat disebut Garetek dan dengan interval suara Lambat disebut Gaga’ serta suara mendayu-dayu disebut Dodo.

Selain memiliki suara yang unik Ayam Ketawa juga mempunyai warna bulu yang menarik dan di dukung oleh bentuk tubuh yang enak di pandang mata.

Bangsa Indonesia harus bangga dan bersyukur karena mempunyai satwa unggas jenis Ayam yaitu Ayam Ketawa yang tidak ada duanya di dunia dengan kata lain hanya ada di Indonesia khususnya Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan.

Obat Untuk Ayam

VITA PLEX
VITAMIN B KOMPLEK UNTUK UNGGAS
INDIKASI :
- Mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B komplek
- Menambah Daya Tahan unggas terhadap penyakit
- Mencegah stress, terutama pada waktu perubahan cuaca, Vaksin atau pindah kandang
- mempercepat pertumbuhan



VITA CHICKS
VITAMIN - ANTI BIOTIC
INDIKASI :
- Mepercepat Pertumbuhan
- Mencegah kekurangan Vitamin
- Mengatasi Stress
- Mengurangi kematian pada Anak Ayam




VERMICUP
Mengatsi cacing ascaris



TRIMEZYN
ANTI BIOTIK - VITAMIN - MINERAL
INDIKASI :
- Mengobati Korisa (snot, pilek, muka bengkak)
- Kolera, CRD (batuk ngorok), pullorum (berak putih), mencret kuning




TETRA CHLOR
ANTI BIOTIK - VITAMIN - MINERAL
INDIKASI :
- Korisa (Snot, Pilek, Muka bengkak)
- Kolera ( berak hijau )
- CRD ( Ngorok)



SUPERTOP
Memperpanjang napas
membuat ayam bergairah
menambah tenaga



SULFAMIX
Cairan suntik , bisa juga di teteskan langsung kemulut unggas
INDIKASI :
- Koksidiosis (Berak darah)
- Pullorum (Berak Kapur)
- Korisa (Snot, pilek, Muka bengkak)
- Kolera (Berak Hijau)
- CRD (Ngorok)



OSTEOCAP
Mencegah dan Mengatasi kelumpuhan



ULTRASAND
Membantu mencerna TEMBOLOK ayam yang padat



POLIGRIP
VITAMIN PENCEGAH KELUMPUHAN
PADA AYAM, BEBEK DAN UNGGAS



RODALON
Membasmi bakteri, fngi dan virus penyebab penyakit pada ternak
unggas dan manusia.
seperti penyakit ND,Cholera,thypus,cacar,dyentri,TBC, Marek
mutah berak dan penyakit umu lainnya.
Mengurangi bau kandang serta memberikan rasa segar



Baytril 5%
ANTI INFEKSI
INDIKASI :
Untuk pencegahan dan pengobatan penyakit infeksi




ELECTROVIT
VITAMIN - ANTIBIOTIK
INDIKASI :
- Mengatasi segala bentuk stress
- Menjaga keseimbangan elektrolit
- Meningkatkan nafsu makan
- Memelihara kesehatan serta produksi yang optimal



NEOBRO
Mempercepat pertumbuhan
Mengurangi angka kematian
meningkatkan efesiensi penggunaan ransum




INGLUVICUP
Mengobati Tembolok yang diakibatkan oleh benda asing.
Jamur protozia dan dan parasit lainnya



HEMAVIT PLUS
Mengatasi Animea yang disebabkan kekurangan zat besi
Mengatasi Kekurangan Vitamin
Meningkatkan napsu makan dan minum
meningkatkan daya tahan tubuh akibat kelelahan



ALBER - T
SALEP UNTUK MENGOBATI JENGGER
LUKA ATAU JAMUR

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar